Viterna Plus

Viterna Plus

Penggemukan Sapi Dengan Viterna Plus

                           
   PENGGEMUKAN SAPI POTONG DENGAN CEPAT


                                         

1 . PENDAHULUAN
       Usaha penggemukan sapi potong  kebanyakan dikelola secara tradisional atau pekerjaan sambilan.karena usaha ini jika dilakukan secara modern dan  besar akan membutuhkan investasi yang besar juga.dengan budidaya penggemukan sapi dengan sekala kecil pun akan menghasilkan keuntungan yang besar jika dilakukan dengan prinsip modern.PT Natural Nusantara dengan prinsip K3 (Kualitas,Kuantitas dan Kesehatan) membantu bagaimana budidaya penggemukan sapi potong secara cepat dan modern untuk skala besar maupun kecil.

II . PENGGEMUKAN

     Penggemukan sapi potong  adalah usaha budidaya sapi dewasa keadaan kurus untuk ditingkatkan berat badannya melalui pembesaran dengan waktu yang cepat (3-5 bulan).

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya penggemukan sapi potong adalah.

1 . Jenis Sapi
       Beberapa jenis sapi potong yang dibudidayakan di indonesia adalah
           A . Sapi Bali
           B . Sapi Ongole
           C . Sapi Brahman
           D . Sapi Madura
           E . Sapi Limosin
2 . Pemeliharaan Bakalan
Bakalan merupakan faktor yang amat penting dalam budidaya karena akan menentukan hasil akhir penggemukan adapun ciri - ciri  bakalan yang sesaui standart adalah :
           A . Jenis kelamin jantan
           B . Berusia diatas 2,5 tahun
           C . Bentuk tubuh 
                 - panjang minimal 170 cm,
                -  berbentuk bulat dan lebar
                -  tinggi pundak minimal 135  cm
                -  lingkar dada minimal 133 cm
           D . Tubuh kurus ,tulang menonjol tetapi tetap sehat
           E . Berbulu halus dan pandangan mata cerah
           F . Kotoran Normal

III . TATA LAKSANA PEMELIHARAAN


1 . Perkandangan

     Pada Umumnya Kandang ada dua tipe,tipe individu dan kelompok.
Tipe individu berukaran 2,5 m x 1,5 m untuk satu ekor sapi.tipe ini merupakan tipe yang cocok karena akan memacu pertumbuhan lebih cepatkarena tidak terjadi persaingan dalam mendapatkan pakan dan mempunyai ruang gerak terbatas,sehingga energi yang hasil hanya digunakan untuk hidup pokok dan nproduksi daging akan meningkat karena tidak adanya energi yang hilang.

Tipe kelompok bakalan penggemukan sapi dalam satu periode ini ditempatkan dalam satu kandang dengan jumlah yang banyak,adapun kelemahan tipe ini terjadi persaingan dalam mendapatkan pakan sehingga sapi yang lebih kuat yang akan cepat pertumbuhannya dari pada sapi yang lebih lemah.


2 . Pakan

     Berdasarkan kondisi fisiologi dan sistem pencernaanya,sapi digolongkan termasuk hewan ruminansia karena pencernaanya melalui 3 proses, yaitu secara mekanis didalam mulut yang dibantu dengan air ludah / saliva,secara fermentatif melalui rumen yang dibantu dengan mikroba rumen serta secara enzimatis setelah melalui rumen

     Berdasarkan hasil penelitian penggemukan sapi dengan mengandalkan pakan hijauan saja kurang memberikan hasil yang maksimal dan memerlukan waktu yang cukup lama maka untuk mempercepat penggemukan sapi secara cepat perlu di padukan dengan konsentrat.

     konsentrat ada banyak sumbernya antara lain : ampas tahu,ampas tebu,gaplek,bekatul,kulit biji kedelai,kulit biji kopi,kulit nanas dan pakan buatan pabrik.pemberian konsentrat diberikan 2 jam sebelum pakan hijauan diberikan gunanya untuk membrikan pakan mikroba rumen,sehingga pakan hijauan rumen diberikan mikroban rumen sudah siap dan aktif mencerna hijauan.

      Kebutuhan pakan hijauan yang diberikan (dalam kondisi kering) adalah 2,5% dari berat badannya adapun hijauan yang diberikan antaralain berupa :jerami padi,daun tebu,daun jagung,alang alang serta rumput liar sebagai rumput berkualitas rendah,adapun rumput gajah dan rumput kolonjono merupakan kualitas tinggi.

      Penentuan kualitas hijauan diukur dari tinggi rendahnya nutrisi (zat pakan) dan kadar serat,sedangkan pakan hijauan yang berkualitas rendah sulit untuk dicerna karena mengandung lignin yang sukar larut oleh enzim pencernaan.

                               
                                        VITERNA Plus,Poc NASA dan Hormonik
       
          PT Natural Nusantara (NASA) membantu para peternak dengan memproduksi produk berupa Vitamin ternak berupa VITERNA plus,untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam penggemukan sapi potong maka perlu dikombinasikan dengan Poc NASA dan Hormonik.

Sekian artikel dari saya semoga bisa memberikan manfaat untuk para peternak penggemukan sapi agar memperoleh hasil yang maksimal


Pemesan Produk Hubungi Segera - ( JAMAL )
Alamat : Bakalan Bangunsari RT 0²/03 Pageruyung
Kendal Jawa Tengah
BB : D79D81B3
WA / SMS : 0882 1480 6816



     

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggemukan Sapi Dengan Viterna Plus"

Posting Komentar